Heboh Ada Dua Matahari di Langit Makassar, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, MAKASSAR – Warga Perumahan BTN Berua Mitra Perdana, Daya Makassar, heboh Minggu 19 Januari 2020 sore karena mendapati dua sinar matahari di langit.

Kedua sinar matahari tersebut masing-masing di timur dan di barat. Hal tersebut membuat penghuni perumahaan itu berhamburan keluar tempat tinggalnya mengabadikan fenomena aneh tersebut.

Namun fenomena tersebut bisa dijelaskan dengan ilmiah. Akun instagram undercover.id menyatakan fenomena itu dikenal dengan istilah sun dog.

Hal itu bisa terjadi karena sinar matahari asli menerobos awan yang mengandung kristal es yang lebih dikenal dengan sebutan awan sirus.

Awan tersebut lah yang memantulkan sinar dari matahari asli sehingga terkesan ada dua matahari.

Secara ilmiah pembentukan sun dog berawal dari cahaya matahari yang bersinar pada kumpulan lempeng es kristal heksagonal. Kristal-kristal itu tersusun secara horizontal di langit sehingga mengakibatkan cahaya dibelokan. Makanya bentuknya tidak utuh bulat, hanya mengeluarkan cahaya saja.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini