Heboh! 15 Juta Data Pengguna Tokopedia Diduga Bocor

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tokopedia tengah dirundung masalah besar. Mendadak muncul kabar bahwa belasan juta data pribadi penggunanya diduga mengalami peretasan (data leak) dan ditawarkan di forum online.

Kabar ini diungkapkan oleh akun Twitter @underthebreach. Disebutkan peretasan terjadi pada Maret 2020, ini mempengaruhi 15 juta pengguna meskipun peretas mengatakan ada lebih banyak data yang dimiliki.

“Basis data berisi email, hash kata sandi, nama,” tulis akun @underthebreach.
Yang patut dikhawatirkan, seperti diinformasikan sang peretas, data kemungkinan besar tanpa informasi salt. Jadi mempermudah hacker untuk menebak password.

Postingan ini pun ditanggapi oleh @durianpeople. Ia mengatakan, poin yang paling penting yang bisa diambil dari data leak ini adalah, nama lengkap, email dan nomor telepon bocor.

“Data-data itu SANGAT SENSITIF. Nomor telepon bisa dipake buat bajak OTP SMS. Tgl lahir bisa buat nembus pertanyaan keamanan,” balas dia.

Begitupun dengan pemilik akun @nandhawlrst. Ia juga menganjurkan agar tak menyimpan password saat berselancar di dunia maya.

“Jangan pernah simpan password di aplikasi manapun, sekarang udah era internet, ga mustahil keambil walau aplikasinya keliatannya offline. Catat di kertas udah paling aman,” saran dia.

Sementara akun @GilangHamidy menyarankan agar para pengguna untuk mengganti password. Karena ditakutkan informasi yang diberikan benar-benar tidak mengandung salt.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini