Ustaz Abdul Somad dan Preabowo Subianto
Ustaz Abdul Somad dan Preabowo Subianto

MINEWS, JAKARTA

Sedang hangat dibicarakan publik, soal video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang mengandung unsur-unsur dugaan penistaan agama Kristen. Banyak pihak yang pro dan kontra terkait ceramah yang mengundang kegaduhan publik tersebut.

Akibat ceramah itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana memanggil UAS dalam waktu dekat untuk dimintai keterangannya soal video viral tersebut.

“Insya Allah akan diundang mengadakan silaturahim dengan pimpinan├é┬áMUI pusat dalam waktu secepat-cepatnya,” kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Muhyiddin Junaidi, Selasa 20 Agustus 2019.

Menurutnya, MUI perlu memanggil UAS karena ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, agar tak salah menilai dari video atau anggapan yang beredar luas saat ini. Apalagi, UAS saat ini sudah dilaporkan ke pihak berwenang oleh sejumlah pihak yang tak terima dengan ceramahnya.

Alasan lain, kata Muhyiddin, pimpinan MUI tak ingin salah mengambil keputusan dalam kasus UAS, apalagi urusannya kini semakin rumit karena laporan sudah masuk ke kepolisian.

“Maka kami perlu bertabayun dulu kepada yang bersangkutan,” kata Muhyiddin.

MUI juga siap menjadi mediator antara dua pihak yang pro dan kontra terkait ceramah Ustaz Abdul Somad. Muhyiddin berharap pertemuan dengan UAS dapat dilakukan sesegera mungkin.