Hati-Hati, Penggalangan Donasi untuk Palestina Banyak Tak Disalurkan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Warga Indonesia harus berhati-hati memberikan bantuan dana untuk Palestina karena banyaknya aksi penggalangan dana untuk negara tersebut banyak yang tidak disampaikan ke Palestina.

Hal itu diungkapkan pegiat toleransi, Haidar Alwi dalam pesannya yang diterima Mata Indonesia News, Sabtu 22 Mei 2021.

“Ndak jelas ke mana donasi itu dikirimkan. Tapi kita perlu melihat sejarah saat ramai panggalangan dana untuk pengungsi Suriah di Alepo, ternyata diketahui uang itu diserahkan ke Islamic State of Iraq-Syria (ISIS) yang notabene teroris,” ujar Haidar.

Seperti sekarang saat Israel membalas serangan roket Hamas, muncul penggalangan dana di Indonesia yang ditulis untuk masyarakat Palestina.

Menurut Haidar, serangan balasan Israel ke markas Hamas berhasil membangkitkan simpati masyarakat Indonesia dan itu dijadikan alasan untuk menggalang dana.

Namun, dana itu tidak akan pernah sampai ke tangan yang berhak di Jalur Gaza atau kantong-kantong Palestina lainnya. Justru banyak kelompok di Indonesia memanfaatkan momen itu untuk mencari uang dengan mudah.

Haidar mengingatkan serangan Israel ke Palestina bukan perang agama antara Islam melawan nonmuslim.

Sebab, di kedua belah pihak, baik Israel dan maupun Palestina terdiri orang dengan berbagai agama. Di kedua negara itu sama-sama terdiri dari warga muslim, Kristen dan Yahudi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini