Hati-Hati Cairan Desinfektan Bisa Pengaruhi Selaput Lendir Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Banyak orang sangat yakin menyemprotkan cairan desinfektan langsung ke tubuh kita bisa menghambat infeksi virus corona Covid19 bahkan membunuh virus tersebut. Padahal, itu berbahaya.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya Andjar H. Purnomo menasehati agar cairan itu tidak mengenai selaput lendir seperti mata.

“Karena dapat berdampak negatif. Terlebih kalau bahan yang digunakan tidak direkomendasikan untuk tubuh,” kata Andjar, Senin 30 Maret 2020.

Dia mengungkapkan hal tersebut karena banyak warga yang membuat desinfektan racikan sendiri.

Menurutnya, cairan tersebut tidak baik disemprotkan ke tubuh karena bahan yang dipakai saat ini, baik berupa klorin maupun hidroksin peroksida, bersifat iritatif terhadap mukosa tubuh bila tidak digunakan dengan tepat.

Dia menambahkan penyemprotan cairan desinfektan terlebih racikan sendiri hanya cocok dilakukan di benda-benda mati, seperti jalan, bangunan dan kendaraan, serta di tempat-tempat yang sering disentuh orang seperti gagang pintu.

Cairan itu juga untuk tempat-tempat terbuka dan sarana publik yang menjadi pusat berkumpulnya banyak orang.

Pencegahan yang benar untuk setiap individu adalah dengan tetap rajin mencuci tangan dengan sabun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini