Hasil Perhitungan Suara, Prabowo Tumbang di AS

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Setelah melalui perhitungan suara selama hampir 9 jam, akhirnya Pemilu 2019 di Amerika Serikat telah selesai.

Rekapitulasi dilaksanakan sejak Rabu 17 April 2019 lalu di gedung Kedubes RI Washington, DC. Hasilnya, paslon 01 Jokowi-Ma’ruf berhasil menumbangkan paslon 02 Prabowo-Sandiaga.

Jokowi-Ma’ruf tercatat memperoleh sebanyak 1.114 suara yang terdiri dari 648 suara berasal dari TPS dan 430 suara berasal dari pos. Sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapat hanya 352 suara yang terdiri dari 236 di TPS dan 116 dari pos. Lalu surat suara tidak sah sebanyak 70 buah.

Adapun untuk Pileg 2019, PDIP dan PSI menjadi partai politik favorit dengan mendapat 366 suara dan 359 suara, mengutip keterangan resmi KBRI Washington, Sabtu 20 April 2019.

“Kesuksesan pemilu kali ini menandakan kuatnya kombinasi antara demokrasi dengan nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu persatuan dalam kebhinekaan, persaudaraan dan gotong royong,” ujar Dubes RI untuk AS Mahendra Siregar.

Menurutnya, seluruh masyarakat patut bangga karena telah menjadi bagian dari proses transformasi yang luar biasa, yang membawa Indonesia menjadi negara demokrasi presidensial terbesar di dunia.

Bahkan, ia menyebut saat ini Indonesia telah dianggap sebagai kiblatnya keberhasilan pesta demokrasi akbar, bukan hanya untuk negara berkembang, tapi juga negara-negara maju.

“Capaian penting pada hari ini tidak terlepas dari kerja keras, dedikasi, serta pengorbanan waktu dan pikiran semua yang terlibat dalam pemilu ini. Saya mengucapkan banyak terima kasih,” kata Mahendra.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini