Hari Ini Diprediksi sebagai Puncak Mudik Lebaran

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Hari ini, Jumat 31 Mei 2019 diprediksi sebagai hari puncak mudik Idul Fitri 1440H. Meski memasuki hari puncak, pemerintah masih belum bisa memastikan berapa banyak jumlah pemudik.

“Antusiasme masyarakat sudah mencapai puncak mudik,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis 30 Mei 2019.

Pada saat puncak mudik ini, pemerintah berkata kepadatan nantinya akan relatif merata, sampai dengan tanggal 4 Juni 2019. Sementara pada 30 Mei 2019, terjadi kenaikan jumlah pemudik yang signifikan di sejumlah jalur utama.

Berdasarkan laporan pada H-6 lebaran, rata-rata kenaikkan setiap tahunnya mencapai angka empat sampai tujuh persen.

Hal tersebut ditambah dengan adanya infrastruktur yang bagus seperti jalan tol dari Merak sampai Probolinggo maka minat pemudik itu makin banyak.

Selain itu, menurut Menhub, penerapan satu arah menjadi langkah efektif untuk mengurangi kepadatan arus mudik, karena kebijakan itu disebut bersifat dinamis menyesuaikan kondisi kepadatan lalu lintas.

“Satu arah yang semula dilakukan pukul 09.00 WIB dimajukan menjadi pukul 08.00 WIB dan itu sangat efektif sehingga pukul 10.00 WIB itu sudah cair semuanya,” ujar Budi.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini