Hancur Lebur! Roket Hujani Pangkalan Militer AS di Afghanistan

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Pangkalan udara Amerika Serikat di Afghanistan hancur lebur setelah lima roket menghantam pada Kamis 9 April 2020 pagi kemarin. Koalisi NATO melaporkan, serangan tersebut sudah diklaim oleh ISIS.

Serangan ini terjadi hanya beberapa waktu setelah AS dan Taliban menyepakati penarikan pasuka dari Afghanistan. Diduga, ISIS yang tak dilibatkan marah, lalu meluncurkan rudal sebagai peringatan.

“Lima roket ditembakan ke pangkalan udara Bagram, tidak ada korban jiwa,” kata Misi Resolute Support NATO di media sosial Twitter.

ISIS dalam pernyataannya mengatakan pasukan mereka mengincar landasan helikopter di Begram. Kelompok yang berafiliasi dengan ISIS di Afghanistan bernama ISIS Khorasan (ISIS-K), yang diduga sebagai pelaku pengeboman pangkalan militer tersebut.

Kabarnya, ISIS-K ini telah menyebar ke banyak daerah, terutama utara Afghanistan dengan jumlah pasukan diperkirakan mencapai 2.000 orang, bahkan mungkin lebih banyak lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir kelompok-kelompok yang berperang melawan pemerintah Afghanistan yang dibantu pemerintah asing melancarkan serangan di pusat kota. Taliban sudah membuat kesepakatan dengan AS, sehingga tak ada lagi operasi penyerangan

Mereka berjanji untuk membuka jalan melakukan perundingan dengan pemerintah Afghanistan, untuk menjadi pelindung negara dari ancaman teroris luar.

1 KOMENTAR

  1. Another propaganda from american and its allies so it has another reasons to stay longer in afghanistan and it means that they ( US and its allies ) will violate the agreements with the Taliban which have been made by the last peace talk meeting in Doha Qatar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini