Jurgen Klopp dan Alisson Becker(Foto: This is Anfield)

MATA INDONESIA, LIVERPOOL – Kedigdayaan Liverpool di Anfield akhirnya runtuh. Setelah hampir empat tahun tak terkalahkan, Si Merah akhirnya tumbang di kandang sendiri.

Berlaga di Anfield, Jumat 22 Januari 2021, Liverpool dipermalukan Burnley dengan skor 0-1. Gol semata wayang Burnley dicetak Ashley Barnes di menit ke-83 melalui tendangan penalti.

Ini merupakan kekalahan pertama Liverpool di Anfield dalam 69 pertandingan Liga Premier Inggris (55 menang, 13 imbang). Terakhir kali The Reds kalah di kandang sendiri terjadi pada April 2017 ketika berhadapan dengan Crystal Palace (1-2).

Liverpool menjadi tim kedua yang tak terkalahkan ketika main di kandang sendiri setelah Chelsea. The Blues tak terkalahkan selama 86 pertandingan sebelum akhirnya catatan itu berakhir pada Oktober 2008.

“Ini tanggung jawab saya, penjelasan yang mudah. Kami banyak menguasai bola, menciptakan peluang, dan tidak bisa memanfaatkannya. Itu membuat pertandingan tetap terbuka dan kemudian mereka mendapatkan penalti. Alisson bilang dia tak menyentuh Barnes, tapi saya tidak melihatnya jelas,” kata pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, dikutip dari BBC, Jumat 22 Januari 2021.

“Kekalahan ini sulit diterima, tak mudah menjelaskannya. Para pemain tidak pernah berpikir akan berada dalam situasi seperti ini sejak kemenangan 7-0 lawan Palace. Malam ini mereka bekerja keras tapi gol tak juga datang. Tak mudah menerima kekalahan seperti ini,” ujarnya.

“Ini bukan masalah menyalahkan siapa, kami harus mencari jalan keluar bersama-sama. Dalam sepak bola, Anda tak punya banyak waktu. Kami harus meruntuhkan tembok tebal ini. Kami punya peluang. Saat ini kami tak bisa memikirkan persaingan menjadi juara,” tuturnya.

Kekalahan atas Burnley menempatkan Liverpool di peringkat empat dengan torehan 34 poin. Mereka tertinggal enam poin dari Manchester United di puncak klasemen.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here