Hamilton Gelontorkan Bantuan Rp 6,8 Miliar untuk ‘Tolong’ Koala yang Terbakar di Hutan Australia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kebakaran hutan dan lahan yang menimpa sejumlah kawasan di Australia tengah menjadi perhatian dunia. Tragedi yang dikenal dengan sebutan bushfire itu telah merusak lebih dari 6,3 juta hektare lahan dan hutan. Kebakaran juga menewaskan 27 orang dan membunuh ratusan juta ternak dan hewan liar di sana.

Dunia kini bergerak untuk membantu penanganan kebakaran hutan Australia. Beragam bentuk donasi digalang untuk mengumpulkan dana bagi para korban maupun upaya pemadaman serta pemulihan.

Salah satu yang tergerak adalah pembalap tim Mercedes Lewis Hamilton megelontorkan bantuan sebesar 380 ribu pound sterling atau setara Rp 6,8 miliar untuk membantu regu pemadam dan perlindungan hewan dalam bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Australia.

Juara Formula satu ini juga ikut terpukul dengan kejadian ini. Lewat akun Instagramnya, pembalap asal Inggris itu menyampaikan kesedihannya saat mengunggah video penyelamatan koala korban kebakaran. Dalam video tersebut, tampak seekor koala kebingungan di tengah kobaran api.

Sangat sedih saat mengetahui lebih dari 1 miliar hewan mati dengan cara mengenaskan di Australia, tidak ada jalan keluar, dan bukan karena kesalahan mereka.

“Kecintaan saya terhadap hewan bukan rahasia, dan saya tidak bisa tidak berduka atas binatang tak berdaya yang diperkirakan mati hingga saat ini, mendorong mereka ke arah kepunahan,” ujarnya.

Selain merenggut korban jiwa, hewan dan ternak memang menjadi korban dari kebakaran hebat yang melanda Australia. Kanguru dan Koala yang menjadi binatang ikonik Australia juga banyak yang mati.

Organisasi-organisasi penyayang binatang terus bekerja untuk menyelamatkan hewan-hewan malang tersebut. Masyarakat juga turun tangan untuk ikut membantu. Belakangan media sosial juga diramaikan oleh berbagai video tentang penyelamatan koala dan kanguru dari kepungan api.

Kondisi hewan-hewan itu tampak sangat memilukan. Sebagian mengalami luka bakar dan sebagian lagi tampak kelelahan dan tidak ragu untuk menerima minuman dari warga atau petugas pemadam.

“Saya sangat beruntung pernah mengunjungi Australia dan saya tahu betul indahnya negeri ini. Tetap semangat Australia. Saya telah berbicara banyak dengan orang-orang yang bekerja pada jantung kejadian ini dan saya sangat kagum dengan upaya yang selama ini mereka lakukan,” katanya.

Tidak hanya sekadar menyampaikan rasa dukanya, Hamilton juga rela merogoh kocek pribadinya. Seperti dilansir dari BBC, Hamilton telah menyumbang 383.000 pound sterling atau setara 6,8 miliar yang diberikan lewat tiga organisasi: WIRES Wildlife Rescue, WWF Australia, dan the Rural Fire Service.

https://www.instagram.com/lewishamilton/?utm_source=ig_embed

 

 

 

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini