Hamas Minta Bantuan Jokowi untuk Lawan Aneksasi Israel

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebuah surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo datang dari Pimpinan Hamas, Ismael Haniyeh, yang meminta Indonesia agar sama-sama melakukan pencegahan aneksasi Tepi Barat Palestina yang akan dilakukan Israel pada Juli 2020 mendatang.

Surat yang dikirim Haniyeh pada Jumat 5 Juni 2020 berisi pesan, agar Indonesia sebagai bagian dari umat Islam dunia mengambil tindakan dan bertanggung jawab atas keputusan semena-mena Israel itu.

“Hamas meminta kesediaan Anda untuk melakukan intervensi guna menangkal kebijakan kriminal aneksasi yang rasis oleh pihak Israel di Tepi Barat dan Lembah Yordan,” tulis Haniyeh dalam surat tersebut.

Haniyeh juga meminta Indonesia berperan sebagai bagian dari ‘ummah’ yang melindungi situs-situs suci umat Islam yang akan terdampak pencaplokan Israel tersebut.

Jika Indonesia tak berperan langsung, situs-situs disucikan umat Islam di Yerusalem, Tepi Barat, dan Masjid Al Aqsha terancam dikuasai Israel sepenuhnya.

Kemudian, Haniyeh juga meminta Jokowi melakukan komunikasi dengan menggerakkan negara-negara regional dan organisasi internasional untuk satu pandangan dalam melawan pencaplokan Israel atas Tepi Barat.

Jokowi harus meyakinkan, bahwa tindakan Israel itu telah melanggar hukum internasional. Haniyeh juga meminta Indonesia mendorong konferensi tingkat tinggi negara-negara mayoritas Muslim untuk menyikapi aneksasi Tepi Barat.

“Umat Islam harus menciptakan jaringan politik, diplomatik, ekonomi, dan media untuk mengkampanyekan hak-hak bangsa Palestina,” ujarnya.

Menurut Haniyeh, negara-negara Muslim harus  menolak normalisasi hubungan dengan Israel selama negara tersebut masih terus melakukan tindakan kriminal terhadap rakyat Palestina.

Dalam surat itu, Haniyeh juga mendoakan Pemerintah Indonesia sukses menangani wabah Covid-19 yang melanda berbagai wilayah.

“kami mengharapkan Anda akan mencapai kesuksesan dan memimpin negara menuju masa depan yang lebih sejahtera,” kata Haniyeh, seperti dikutip dari Republika.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini