Gunung Rinjani Dibuka Lagi 7 Juli, Sudah Siap Mendaki?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah rindu naik gunung? Siap-siap ya, jalur pendakian Gunung Rinjani di Lombok bakal segera dibuka pada 7 Juli 2020 mendatang.

Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, meski dibuka nantinya, para pendaki tetap wajib menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Rinjani ini risikonya rendah, tetapi tetap hati-hati, protokol Covid-19 ini harus selalu diterapkan,” kata Sitti di Lombok Timur, Minggu 28 Juni 2020.

Saat dibuka nanti, Sitti menyadari tantangan terbesar yang dihadapi adalah ketaatan para pendaki dan warga sekitar dalam menjalankan protokol Covid-19. Namun, ia berharap semuanya bisa mematuhi aturan tersebut, sembari menunggu vaksin.

“Kita akan hidup dengan selalu mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak bila beraktivitas di luar rumah sampai vaksin virus Covid-19 ini ditemukan,” ujarnya.

Ia juga mengemukakan perlunya membahas saran untuk mengizinkan pendakian Gunung Rinjani melalui satu pintu serta membangun jalur khusus pengendara kuda dan sepeda untuk memudahkan pembawa barang.

Tak hanya soal protokol kesehatan, Sitti juga mengimbau agar pengelolaan sampah di pintu-pintu masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) diperhatikan dengan baik.

“Ini harus betul-betul kita perhatikan. Rinjani ini tumpuan hidup kita dan sumber air kita. Jadi antara pariwisata dan kelestarian ini harus betul betul kita jaga,” katanya.

Ia berharap, saat dibuka pada 7 Juli mendatang, persiapan sudah matang secara keseluruhan. Mulai dari saat orang datang, naik mendaki hingga pulang kembali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini