Gugus Tugas COVID-19 Gandeng Gojek dan IBM Salurkan Faskes ke 8 Kota

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas) hari ini mengumumkan kerja sama dengan perusahaan teknologi Gojek dan IBM Indonesia dalam penyediaan solusi distribusi bantuan ke fasilitas kesehatan (faskes).

Gojek akan mengerahkan layanan logistiknya GoBox untuk menyalurkan bantuan Gugus Tugas berupa alat-alat kesehatan, alat pelindung diri (APD), dan makanan, ke sejumlah faskes COVID-19 yang tersebar di Indonesia. Layanan logistik tersebut terintegrasi dalam sistem manajemen logistik Gugus Tugas yang berbentuk aplikasi pendistribusian menggunakan Platform as a Service (PaaS) khusus, yang dikembangkan oleh IBM Indonesia.

Ketua Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Andre Rahardian mengatakan, penanggulangan pandemi COVID-19 harus menjadi upaya bersama yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Untuk itu, Gugus Tugas menyambut baik kemitraan dengan perusahaan-perusahaan teknologi terdepan seperti Gojek dan IBM dalam memastikan agar bantuan terkirim ke faskes secara tepat sasaran.

“Saya sungguh berharap kolaborasi semacam ini dapat terus mendorong peningkatan kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan yang akan mempercepat penanggulangan wabah,” ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa 19 Mei 2020.

Sementara Head of Logistics Gojek Junaidi mengatakan, selama masa darurat COVID-19 ini, pengiriman bantuan Gugus Tugas dengan menggunakan layanan GoBox akan menjangkau faskes yang berlokasi di Jabodetabek, Bandung, Karawang, Serang, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

“Ke depannya, tidak tertutup kemungkinan bantuan akan terhubungkan ke faskes di wilayah lain dengan memanfaatkan sistem manajemen transportasi dan logistik Gugus tugas yang dikembangkan IBM dan jaringan layanan logistik Gojek,”katanya.

Selanjutnya Presiden Direktur IBM Indonesia Tan Wijaya mengatakan, pihaknya ikut terpanggil untuk membantu pemerintah dalam memastikan terjaminnya penanganan distribusi bantuan faskes melalui keberadaan perangkat yang efisien dan menempatkannya di PaaS IBM karena cepat dan mudah untuk mengatur aplikasi dan data yang ada.

“Di mana sangat dibutuhkan dalam percepatan penanganan wabah COVID-19. Kami berharap akan semakin banyak fasilitas kesehatan yang dapat mengakses bantuan peralatan secara tepat waktu maupun sasaran, dengan berkolaborasinya Gugus Tugas dan Gojek,” ujarnya.

Dukungan Gojek dalam penanganan COVID-19 ini merupakan kelanjutan Nota Kesepahaman dengan BNPB selaku Instansi Koordinator dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang telah diresmikan pada bulan Februari 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini