Gubernur BI: Prospek Ekonomi Indonesia Sangat Cerah

Baca Juga

MINEWS.ID, LONDON – Prospek ekonomi Indonesia sangat cerah sehingga Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo berani mengundang investor global untuk menanamkan modalnya. Dia setidaknya menawarkan empat sektor potensial yaitu manufaktur, pariwisata, perikanan, dan infrastruktur.

“Itu untuk mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. BI terus melakukan bauran kebijakan serta melakukan sinergi dengan Pemerintah dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” kata Perry Warjiyo dalam Indonesia Infrastructure Investment Forum (IIIF) 2019, di London, Inggris.

Menurut Gubernur BI peluang investasi di sektor manufaktur Indonesia akan fokus pada 3 komoditi ekspor Indonesia, yaitu otomotif, tekstil dan alas kaki.

Sementara peluang investasi untuk sektor pariwisata difokuskan pada pengembangan prioritas tujuan pengembangan dan branding pariwisata Indonesia seperti Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, Joglo Semar, Bali, Jakarta, Banyuwangi, Bromo dan Kepulauan Riau.

Adapun pada sektor perikanan, peluang investasi terbuka di Indonesia Kawasan Timur untuk pengembangan budidaya dan industri pengolahan pendukungnya. Potensi sumber daya laut di kawasan itu paling besar.

Untuk mendukung pembangunan proyek infrastruktur, Perry menegasan, BI terlibat dalam Strategi Nasional Pendalaman Pasar Keuangan sebagai implementasi reformasi struktural pada pembiayaan infrastruktur, dan terus mengembangkan instrumen hedging di pasar valuta asing untuk meningkatkan pembiayaan inovatif dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur.

IIIF 2019 menjadi ajang promosi peluang investasi di 4 (empat) sektor tersebut dan dihadiri pelaku usaha, kalangan investor, institusi keuangan, dan asosiasi pengusaha khususnya di negara setempat.

Penyelenggaraan IIIF 2019 merupakan kerjasama antara KBRI London, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) London, Kantor Perwakilan Luar Negeri (KPw LN) Bank Indonesia London, Kementrian Pariwisata dan Kementrian Perhubungan.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini