Gokil! Ini 5 Pantun Bamsoet Saat Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Rupanya Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo pandai berpantun. Keahlian dalam bermain kata itu, ditunjukkannya saat pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019. Dalam acara kenegaraan tersebut, ia melontarkan lima pantun.

Pantun pertama disampaikan oleh sosok yang akrab disapa Bamsoet itu saat menyampaikan apresiasi kedatangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang merupakan rival Jokowi-Ma’ruf saat Pemilu Presiden 2019 lalu.

“Terimalah ungkapan rasa terima kasih kami dalam sebait pantun. Dari Teuku Umar ke Kertanegara, dijamu nasi goreng oleh Ibu Mega. Meski Pak Prabowo tak jadi kepala negara, tapi masih bisa tetap berkuda dan berlapang dada,” ujar dia.

Pantun kedua disampaikan untuk mengapresiasi Jusuf Kalla, yang baru saja melepaskan jabatannya sebagai Wakil Presiden.

Kali ini, Bamsoet menggunakan Bahasa Bugis, mungkin sebagai bentuk penghargaan atas Kalla yang berasal dari Sulawesi Selatan.

“Buah panasa buah durian, tampedding riala inungeng; temmaka raja pa’berena, temma ruleke papidecenna,” kata dia.

“Saya sengaja menyampaikannya dalam bahasa Bugis yang artinya kurang lebih sebagai berikut: ‘Buah nangka buah durian tak dapat dijadikan minuman, sungguh besar pengabdian tak sanggup ditatar kebaikanmu’,” ujarnya.

Kemudian tiga pantun terakhir dilontarkan Bamsoet secara berurutan sesaat sebelum mengakhiri pidatonya.

“Bernyanyi berdendang sambil gembira, tanda hati sedang berduka cita. Jika berkuasa janganlah lupa, karena rakyatlah kita dipercaya”.

“Jalan-jalan ke Gunung Jati, singgah di pasar beli kemiri. Kita semua harus siap mati, untuk mempertahankan NKRI”.

“Terbang tinggi burung merpati, hinggap lama di pohon mahoni. Kami titip NKRI pada Pak Jokowi, agar rakyat hidup nyaman dalam harmoni”.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini