Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono

MATA INDONESIA, JAKARTA – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akhirnya resmi terpilih aklamasi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode ke depan. Kepastian itu disampaikannya pada Kongres V Partai Demokrat tahun 2020.

“Ini adalah kumpulan surat rekomendasi dari ketua DPD seluruh Indonesia,” kata AHY di Jakarta, Minggu 15 Maret 2020.

Sejumlah pendukung juga mengiringi AHY saat mendaftar dengan meneriakkan yel-yel “AHY Ketum”, “SBY Yes”, dan “Demokrat Siap”.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu mengaku mendapatkan dukungan dari seluruh ketua DPD Partai Demokrat selaku pemilik suara untuk maju sebagai ketua umum.

Diketahui, Partai Demokrat menggelar Kongres V berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), 15 Maret 2020.

Pelaksanaan kongres yang semula dijadwalkan selama tiga hari, yakni 14-16 Maret 2020 akhirnya dipercepat menjadi satu hari pada 15 Maret 2020.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengakui pelaksanaan Kongres V Partai Demokrat dilakukan dalam waktu yang singkat untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Partai Demokrat juga tidak mengundang tokoh luar, termasuk Presiden Joko Widodo dalam kongres tersebut dengan alasan tersebut.

“Setelah ini, selesai nanti ketua umum terpilih akan menghadap Presiden untuk menjelaskan jalannya acara berikut hasilnya,” kata Hinca.

Politikus Partai Demokrat Jansen Sitindaon membenarkan terpilihnya AHY sebagai ketua umum secara aklamasi. Sebagai pemilik hak suara, Jansen termasuk salah satu kader yang mengikuti sidang pemilihan ketua umum Partai Demokrat yang berlangsung tertutup.

“Iya, karena aku tadi di dalam selaku salah satu pemilik suara. Lengkapnya lihat di Twitterku,” katanya.

Jansen sebelumnya sempat membagikan cuplikan video terpilihnya AHY secara aklamasi melalui akun Twitternya, @jansen_jsp, sekitar pukul 14.00 WIB.

“Detik-detik Mas AHY diputuskan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat,” cuitnya.

Ia juga menambahkan dalam cuitannya, atas dukungan bulat 34 DPD dan 514 DPC Demokrat se-Indonesia, pimpinan sidang EE Mangindaan memutuskan secara aklamasi AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat 2020-2025.

Dalam potongan video tersebut, terdengar pimpinan sidang menyampaikan bahwa setelah dilakukan verifikasi administrasi dan dikatakan memenuhi persyaratan maka berdasarkan Pasal 25 ayat 6 dan 7 peraturan tata tertib kongres telah ditetapkan secara aklamasi AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Pimpinan sidang juga menanyakannya kepada peserta kongres yang langsung dijawab setuju secara serentak, diiringi tepuk tangan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here