Ilustrasi gelombang tinggi
Ilustrasi gelombang tinggi

MATA INDONESIA, JAKARTA-Peringatan mengenai gelombang tinggi dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bagi warga di wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan pegunungan tengah Jateng.

BMKG mengimbau warga disana untuk selalu waspada mengingat cuaca ekstrem masih melanda wilayah tersebut.

“Saat ini di Samudra Hindia selatan Jabar terdapat tekanan rendah yang mencapai 997 hPa (hektopascal),” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Jumat, 26 Februari 2021.

Teguh mengatakan bahwa kondisi tersebut berdampak pada peningkatan kecepatan angin di laut selatan Jabar-DIY, yang dapat memicu terjadinya gelombang tinggi.

Dalam hal ini, Teguh mengatakan kecepatan angin di laut selatan Jabar-DIY berpotensi mencapai kisaran 8-30 knot yang bertiup dari barat daya hingga barat laut.

“Oleh karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku sejak hari Jumat 26 Februari 2021, pukul 7.00 WIB, hingga Sabtu 27 Februari 2021, pukul 7.00 WIB, dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut,” kata Teguh.

Terkait prediksi tersebut, ia mengatakan peringatan dini gelombang tinggi tersebut dikeluarkan karena tinggi gelombang di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, dan perairan selatan Garut.

Kemudian di wilayah perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudera Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

Sementara itu, tinggi gelombang di Samudera Hindia selatan Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, dan Samudra Hindia selatan Pangandaran berpotensi mencapai kisaran 4-6 meter atau masuk kategori sangat tinggi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here