Gelombang Setinggi 4 Meter Ancam Laut Maluku, BMKG: Warga Sekitar Diminta Waspada

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi bakal melanda laut Maluku bagian selatan selama dua hari mulai Rabu 26 Agustsu 2020 hingga Kamis 27 Agustus 2020 pukul 08.00 Wita.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror mengatakan ketinggian gelombang yang terjadi mencapai 2,5 – 4,0 meter (rough sea).

Sementara tinggi gelombang 1,25 – 2,5 meter (moderate sea) berpeluang terjadi di laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung-Likupang, perairan pesisir selatan Sulut, teluk Tomini bagian timur dan laut Maluku bagian utara.

Untuk itu, kata dia, masyarakat yang tinggal diwilayah tersebut serta kapal yang melakukan aktivitas di perairan tersebut diminta waspada.

Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran terutama perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Begitu juga kapal Tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Tak hanya itu Kapal Ferry berkecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter dan kapal ukuran besar seperti kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini