Gelar Rapid Test, Relawan Indonesia Bersatu Temukan 13 Orang Positif Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tes cepat atau rapid test lima hari secara massal oleh Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid19 menemukan 13 orang terindikasi positif penyakit paru itu.

Dalam lima hari, menurut Ketua Relawan, Sandiaga Salahuddin Uno, tes tersebut dilakukan terhadap 1.896 warga umum dan 1.624 relawan penanganan penyakit tersebut.

“Segera langsung ditangani Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, kerja sama dengan Gugus Tugas Covid19,” kata Sandiaga di Jakarta, Minggu 26 April 2020.

Selain “rapid test”, warga yang berpartisipasi diberikan bantuan sembako guna meringankan beban masyarakat yang bukan hanya terpapar krisis kesehatan Covid19 tetapi juga ekonomi.

Perkembangan lainnya, lanjut Sandiaga, pada hari kelima kegiatan tersebut juga ada 10 simpul relawan yang bergabung ikut dalam aksi Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19.

Selain melakukan tes cepat, Relawan Covid19 itu juga melakukan pencarian dan penelusuran warga yang mungkin terinfeksi.

Tes kesehatan gratis tersebut, menurut Sandi, akan terus berlanjut dengan memanfaatkan mobil unit rapid tes yang akan berkeliling ke setiap kelurahan di DKI Jakarta.

Selain itu, Relawan Covid19 juga mengoperasikan mobil-mobil dekontaminasi desinfektan di beberapa wilayah Jakarta Pusat. Selain itu juga akan dibagikan sembako.

Mobil tes cepat tersebut akan beroperasi selama 7 hari dan melakukannya dengan jemput bola ke masyarakat.

Menurut Sandi, timnya memiliki 15 ribu lebih alat tes cepat itu dan akan terus dilengkapi, disiapkan tambahan-tambahan alat tersebut.

Sandiaga juga mengimbau agar masyarakat berpartisipasi aktif dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan disiplin berada di rumah saja, menjaga jarak, menggunakan masker, dan berpartisipasi dalam gerakan dekontaminasi secara bersama-sama.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 mengkonsolidasikan para relawan yang ingin membantu aparat pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, TNI, Polri, dan BIN untuk bersinergi bergerak bersama melawan pandemi virus corona.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini