Geger! Warga Pekalongan Dihebohkan Dua Pohon Rambutan ‘Menangis’ di Halaman Masjid

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Warga Pekalongan dihebohkan dengan fenomena dua pohon rambutan di halaman masjid di Pekalongan, Jateng, digambarkan seperti sedang menangis karena mengeluarkan air dari dahan dan dedaunan.

Pemkab setempat menegaskan peristiwa tersebut bukan fenomena mistis, melainkan gutasi. Apa itu?

“Apabila air itu berlebihan dari yang dibutuhkan tanaman, air itu akan dikeluarkan, namanya gutasi,” kata Plt Kabid Tanaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan, Rintono, Selasa 17 Desember 2019.

Rintono menjelaskan secara runtut dari fungsi akar yang menyerap air yang kemudian disebarkan ke seluruh organ tubuh tanaman, hingga air berlimpah.

“Pada saat ini kan musim hujan. Jumlah air yang ada di dalam tanah melimpah. Air yang diserap ke atas lebih dari yang dibutuhkan (tanaman), akhirnya dia dikeluarkan dari bentuk air yang seperti titik-titik hujan melalui batang,” katanya.

Menurutnya, titikan air yang muncul seperti hujan lembut tersebut akan habis dengan sendirinya. Peristiwa itu pun bisa terjadi siang maupun malam hari.

“Biasanya kalau batas waktu air sudah seimbang, ya akan habis. Kejadiannya itu sebetulnya tidak siang dan malam, hanya saja malam lebih terasa karena tidak ada terik panas matahari,” katanya.

Rintono mengimbau kepada masyarakat luas agar tidak menghubung-hubungkan kejadian itu sebagai fenomena mistis. Sebab, fenomena itu memang merupakan kejadian yang normal terjadi.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini