Foto-foto Ungkap Kondisi Tonga yang Luluh Lantak

Baca Juga

MATA INDONESIA, NUKUALOFA – Beragam foto yang kini mulai beredar di media sosial menunjukkan bahwa Tonga, sebuah negara Pasifik mengalami kehancuran. Desa-desa berantakan dan rumah-rumah yang hanya menyisakan puing-puing.

Tonga, diguncang oleh letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai pada Sabtu (15/1), yang memicu badai tsunami beberapa menit kemudian.

Korban tewas akibat bencana dashyat tersebut meningkat menjadi tiga orang. Sementara setiap rumah di Pulau Mangga dalam kondisi hancur total.

Gambar menunjukkan penduduk setempat di desa Kanokupolu di pulau Tongatapu menatap sisa-sisa rumah mereka, pohon-pohon bertumbangan, dan mobil yang terlihat terkubur di bawah tumpukan cabang.

(Foto: Daily Mail)

Para peneliti NASA memperkirakan bahwa ledakan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai setara dengan 10 megaton TNT, yang 500 kali lebih kuat daripada bom nuklir di Hiroshima tahun 1945.

Kepala Ilmuwan di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, James Garvin mengatakan, meskipun ledakannya signifikan, kemungkinan tiddak akan ada letusan susulan sehebat itu dalam waktu yang lama.

“Jika preseden letusan gunung berapi di masa lalu dalam pengaturan seperti ini memiliki arti sama sekali, maka kita tidak akan mengalami ledakan lagi untuk sementara waktu,” kata James Garvin, melansir Daily Mail, Rabu, 19 Januari 2022.

Sementara itu, ahli geofisika dari US Geological Survey, Michael Poland mengatakan bahwa peristiwa itu mungkin salah satu yang paling keras yang tercatat di planet ini dalam lebih dari satu abad.

“Ini mungkin letusan paling keras sejak (gunung berapi Indonesia) Krakatau tahun 1883,” ucap Michael Poland.

Kepulauan Pasifik Selatan terletak di atas zona subduksi atau dikenal sebagai tumbukan dua lempeng tektonik bumi, di mana yang satu tergelincir di bawah yang lain. Garvin mengatakan bahwa saat gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai terbentuk, lapisan magma cair mengisi ruang di bawahnya.

Sebuah rekaman menangkap suara ledakan ketika penduduk setempat yang ketakutan melarikan diri dari pantai. Dalam video yang diambil 40 mil jauhnya dari gunung berapi bawah laut, segumpal abu besar terlihat naik di atas cakrawala, memenuhi langit sebelum ledakan yang memekakkan telinga terdengar.

Orang yang merekam dan warga lain yang berada di area tersebut terlihat terguncang saat gelombang kejut menghantam, dan segera berbalik dari laut dan mulai berlari ke daratan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini