Flu Babi Galur Baru Ditemukan, Kemenkes Keluarkan Peringatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ditemukannya galur baru virus influenza G4 H1N1 pada babi di Cina membuat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengeluarkan peringatan untuk mewaspadai kemungkinan penularan virus itu dari hewan ke manusia.

Maka, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengingatkan agar pekerja di peternakan babi harus dibekali pengetahuan soal itu.

Menurut Nadia galur baru virus itu sebenarnya hampir sama dengan virus corona penyebab Covid19 yaitu tergolong self limiting desease atau penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya karena antibodi manusia.

Meski hingga kini Kementerian Kesehatan belum menerima laporan ada penularan dari babi ke manusia namun para pekerja di peternakan hewan itu jangan menganggap sepele.

Pencegahannya sama dengan Covid19 yaitu menjaga kebersihan tubuh, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah bekerja di peternakan.

Seperti dilansir Antara, Kementerian Kesehatan mengharapkan bisa bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk menanggulangi penyebaran virus tersebut agar tidak menjadi wabah atau pandemi seperti Covid19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini