Fenomena Saling Lapor, Jokowi: Negara Kita Demokrasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti fenomena maraknya masyarakat yang saling melapor, terkait UU ITE.

Menurut Jokowi, sah-sah saja untuk saling melapor, karena negara kita bersistem demokrasi dan mengutamakan kebebasan berpendapat.

“Negara kita adalah negara demokrasi, yang menghormati kebebasan berpendapat dan berorganisasi, negara kita adalah negara hukum yang harus menjalankan hukum seadil-adilnya, melindungi kepentingan lebih luas dan menjamin rasa keadilan masyarakat,” kata Jokowi, Senin 15 Februari 2021.

Jokowi mengaku, ia paham benar dengan semangat masyarakat menjaga ruang digital di Indonesia menjadi bersih dan beretika.

Namun, presiden mengingatkan, agar laporan yang masuk ke aparat, juga harus disertai dasar hukum yang kuat dan tak asal-asalan.

Kemudian, ia juga berpesan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar mengingatkan jajarannya lebih selektif dan tak asal menerima hingga memproses semua laporan yang masuk.

“Saya minta kepada Kapolri agar jajarannya lebih selektif, sekali lagi, lebih selektif menyikapi dan menerima pelaporan pelanggaran Undang-undang ITE,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga mengingatkan kepada TNI dan Polri untuk menjunjung tinggi demokrasi. Jokowi ingin jajarannya benar-benar mewujudkan keadilan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini