LinkAja
LinkAja

MINEWS, JAKARTA – Pesatnya perkembangan era industri digital saat ini, membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno punya satu permintaan khusus ke para generasi milenial. Yakni mengajak mereka untuk mengembangkan dan memanfaatkan sistem pembayaran elektronik atau “payment system electronic” LinkAja.

“Jadi saya menitipkan ke depannya bagaimana sistem pembayaran elektronik LinkAja bisa berkembang juga,” ujar Menteri Rini di Jakarta, Senin malam, 25 Maret 2019.

Gerakan sistem pembayaran elektronik itu dimulai oleh Telkom dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Asal tahu saja, LinkAja adalah tekfin BUMN berbasis sistem pemindaian kode respon cepat (QR Code).

LinkAja dibentuk BUMN dengan menggabungkan layanan sistem pembayaran TCash milik Telkomsel dengan TBank dan MyQR milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), e-cash dari PT Bank Mandiri Tbk, serta yap! dan UnikQu dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan juga layanan pembayaran digital milik BUMN lainnya.

“Saya nitip kepada para milenial, semuanya sekarang harus benar-benar memanfaatkan sistem pembayaran elektronik Indonesia yang dimulai dengan Telkom dan Himbara yakni LinkAja,” katanya.

Layanan tekfin LinkAja antara lain seperti pembayaran tagihan seperti listrik, air, dan internet, transaksi di mitra, moda transportasi hingga pembelian di e-dagang. Pengguna juga bisa melakukan transfer uang ke sesama pelanggan dan ke nasabah bank BUMN. Isi ulang (top-up) pun bisa dilakukan melalui jaringan bank BUMN, termasuk PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).