Era New Normal, Ini Cara Aman Berkendara Cegah Penyebaran Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah saat ini sudah mulai secara bertahap memberlakukan kehidupan new normal di masa pandemi corona.

Hal itu dituangkan melalui surat Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Memasuki era kenormalan baru ini, masyarakat harus berkegiatan dengan kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya, termasuk saat berkendara menggunakan mobil.

“Secara prinsip mengemudi saat New Normal, sudah tertuang di dalam cara berkendara aman atau defensive driving,” ujar Trainer dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

Ia mengatakan bagi pengemudi yang menerapkan new normal harus fokus dan mengurangi berbicara antar pengemudi dengan penumpang. Mobil terjaga kebersihannya, jika tidak siap kesehatannya, lebih baik tidak usah mengemudi.

Mengenai kondisi sehat, artinya kata dia yang sakit harus istirahat dan tidak keluar rumah. Kemudian, semua penumpang menggunakan masker untuk menghindari droplet yang mungkin airbone di kabin.

Selanjutnya, selalu menjaga kebersihan kabin dengan menyiapkan tempat sampah agar tidak membuang sampah sembarangan, dan membuang ludah sembarangan.

“Menjaga jarak antar penumpang dan beraktivitas bicara terbatas. Semakin sedikit berbicara semakin kecil penyebaran virusnya,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini