Enam Tahun, Komika Raditya Dika Idap Autoimun, Penyakit Apakah Itu?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Melalui sebuah video, komika sekaligus Youtuber, Raditya Dika mengungkapkan kondisi kesehatannya yang ternyata bisa dibilang tidak baik-baik saja. Dirinya ternyata mengidap penyakit autoimun sejak enam tahun lalu.

Menurutnya, penyakit autoimun yang dideritanya ini, terlihat dari kulitnya menjadi kering sama timbul ruam kalau mengalami stres, terus sendi-sendi itu jadi pegal.

Warganet banyak yang penasaran apa itu penyakit autoimun. Dikutip dari WebMD, penyakit autoimun disebabkan oleh aktivitas sistem imun yang rendah atau sebaliknya, sangat aktif.

Pada sistem imun yang overaktif, sel-sel tubuh merusak dirinya sendiri. Sedangkan pada kondisi sistem imun melemah, tubuh tak mampu melindungi tubuh dari infeksi.

Pada kondisi normal, sistem imun dapat membedakan sel asing dengan sel tubuh sendiri. Namun pada penyakit autoimun, sistem imun tidak bisa membedakan keduanya. Pada organ yang diserang, misal sendi atau kulit, tubuh melepaskan protein yang disebut autoantibodi yang menyerang sel-sel sehat di organ tersebut.

Dokter keluarga praktisi kedokteran fungsional dr Novi Arifiani MKK Dipl ABRAAM pernah mengatakan bahwa penyakit autoimun punya gambaran klinis yang sama dengan alergi. Reaksi atas penyakit autoimun yang menyerang sistem kekebalan sangat bergantung pada lokasi serangan.

“Hingga saat ini mungkin ada sekitar 150-an jenis penyakit autoimun yang dikenal mulai ujung rambut hingga kaki. Setiap penyakit punya reaksi, pencetus, dan penanganan yang berbeda. Dosis obatnya untuk tiap pasien juga kadang beda,” kata dr Novi.

Gangguan pada sistem autoimun tidak bisa sembuh, namun penyakit ini mengenal yang disebut masa remisi. Pada masa ini, pasien bisa berdamai dengan penyakitnya dengan menjalankan pola hidup sehat sambil terus kontrol serta menjalankan pengobatan sesuai saran dokter.

Ada beberapa jenis penyakit autoimun yang telah dikenal secara umum. Di antaranya lupus, diabetes melitus tipe 1, psoriasis, Sindrom Guillain-Barre, atau rematik. Dan masih banyak lagi jenisnya.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini