Empat Turnamen Top Bulutangkis dalam Satu Tahun Sangat Berat

Baca Juga

MATA INDONESIA, KUALA LUMPUR – Dampak dari pandemi Covid-19 memaksa terjadinya perubahan jadwal turnamen top bulutangkis. Kini, empat turnamen top akan digelar dalam satu tahun.

Olimpiade, yang sejatinya digelar Agustus 2020, diundur ke 24 Juli-2 Agustus 2021. Kemudian, Kejuaraan Dunia 2020 juga diundur menjadi 29 November-5 Desember 2021. Teranyar, Piala Thomas dan Uber 2020 juga diundur ke 2021 dan belum ditentukan tanggalnya. Sebelumnya, di 2021 sudah ada Piala Sudirman yang digelar di Suzhou, China, 23-30 Mei.

Bagi fans bulutangkis, tentu adanya empat turnamen dalam satu tahun menjadi kebahagiaan tersendiri. Tapi, tidak demikian dengan pebulutangkis. Mereka akan dihadapkan dengan jadwal super padat. Selain empat turnamen top itu, masih ada banyak turnamen BWF World Tour yang harus dijalani.

Mantan pebulutungkis top Malaysia, Lee Chong Wei yakin dengan adanya empat turnamen top dalam satu tahun akan membuat pemain kesulitan untuk fokus. Selain itu, faktor stamina bisa menjadi kendala.

“Empat turnamen besar di tahun yang sama terlalu banyak. Saya bisa menebak banyak negara akan mengeluh kepada BWF karena padatnya jadwal,” ujar Lee Chong Wei, dikutip dari The Star, Rabu 16 September 2020.

“Jika saya masih bermain, saya ingin bermain di empat turnamen tersebut. Tapi tak mungkin Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik dan dalam kondisi puncak di empat turnamen tersebut,” katanya.

“Jika harus memilih, Olimpiade jadi prioritas utama. Kemudian berturut-turut Piala Thomas, Kejuaraan Dunia, baru Piala Sudirman. Kenapa Piala Sudirman terakhir? Karena tim campuran bukan keahlian kami (Malaysia),” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini