Ekosistem Inovasi Industri Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ekosistem inovasi menjadi salah satu kebijakan startegis untuk meningkatkan kinerja sektor industri di tengah dampak pandemi covid-19.

Tak hanya itu, langkah ini dilakukan sekaligus untuk mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Tantangan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana menciptakan ekosistem inovasi yang kondusif antar industri, asosiasi, akademisi, dan lembaga pemerintah, sehingga dapat bersinergi dan berkolaborasi secara bersama untuk membangun industri yang tangguh dan mandiri,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta.

Nah, untuk menciptakan inovasi tersebut yaitu dengan mengembangkan tujuh sektor industri dalam mengimplementasikan teknologi pada proses produksinya untuk dapat meningkatkan efisien dan kompetitif industri nasional.

Ketujuh sektor tersebut, yakni industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, elektronik, farmasi, serta alat kesehatan. Sektor-sektor ini dipilih karena dapat memberikan kontribusi sebesar 70 persen dari total PDB manufaktur, 65 persen ekspor manufaktur, dan 60 persen pekerja industri.

“Pada triwulan III-2021, kami optimis pertumbuhan sektor industri dan ekonomi dapat meningkat,” ujar Agus.

Sepanjang triwulan II-2021, industri pengolahan nonmigas tumbuh sebesar 6,91 pwrsen, yang mampu memberikan kontributor terbesar pada pertumbuhan PDB nasional dengan mencapai 17,34 persen.

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI), Doddy Rahadi, mengatakan mendukung langkah pemerintah dalam penguatan ekosistem inovasi di sektor industri. Salah satunya dengan memberikan seminar nasional yang dihadiri sebanyak 500 perserta dari perwakilan asosiasi dan industri, praktisi, akademisi, serta instansi pemerintah pusat dan daerah.

“Seminar nasional ini diselenggarakan sebagai wadah komunikasi dan diskusi yang konstruktif untuk dapat bertukar informasi dalam mengoptimalisasi peran tiap stakeholders guna mendukung penguatan industri nasional di era pandemi,” katanya.

Menurut Doddy, pembangunan industri nasional bertumpu pada tiga pilar, yaitu penguatan struktur industri, penguasaan teknologi, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Faktor lain dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional adalah pentingnya pembangunan dan kesiapan SDM industri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini