Eko Yuli Tetap Berpuasa Saat Latihan Angkat Besi, Ini Modalnya

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Awam pasti tidak bisa membayangkan harus berlatih angkat besi saat sedang berpuasa. Buat atlet andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, latihan merupakan kewajiban agar dia bisa lolos ke Olimpiade Tokyo tahun depan. Modalnya adalah percaya kepada Allah SWT.

Perihal latihan saat sedang puasa, Eko mengaku pernah beradu argumen dengan pelatihnya. Seperti awam lainnya, sang pelatih menilai tidak mungkin latihan berjalan baik jika sang atlet tidak memiliki tenaga karena puasa.

Jawaban Eko enteng saja,”Kita percaya Yang Maha Kuasa bisa memberi yang tidak mungkin jadi mungkin. Percaya di situ saja. Lagipula kita juga kalau mau tanding selalu diet. Ini buat latihan.”

Seperti dilansir antara, Eko mengaku menjalani sesi latihan setiap hari seperti biasa.

Alasannya, berlatih tetap di dalam gedung sehingga tidak menguras tenaga. Dia bahkan merasa nyaman berlatih selama Ramadhan.

Dia bahkan mengaku tidak terasa melaksanakan ibadah tersebut. Jadwal latihannya selama Ramadhan adalah usai sahur dan shalat subuh, tidur hingga jam 09.00 WIB setelah itu berlatih hingga pukul 12.00 WIB.

Usai berlatih, mandi, shalat dhuhur dan istirahat. Jam 15.30 WIB bangun untuk bersiap latihan lagi.

“Belum selesai latihan, biasanya sudah adzan maghrib,” ujar atlet asal Lampung tersebut.

Dengan berpuasa, berat badannya juga terjaga sehingga tidak perlu pindah kelas saat bertanding nanti.

Untuk lolos ke Olimpiade Tokyo dia harus mempertahankan angkatan di atas 310 kilogram. Dia harus mempertahankannya di sedikitnya enam turnamen sebelumnya.

Sekarang posisi Eko bukan juara dunia lagi. Sebab posisi itu sudah direbut atlet China.

Maka di mengincar hasil positif di keenam turnamen angkat besi tersebut, antara lain Kejuaraan Dunia IWF di Thailand, September 2019, SEA Games Filipina 2019 dan kejuaraan angkat besi Asia tahun depan.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini