Edukator Covid19: Isolasi Mandiri di Rumah Timbulkan Klaster Keluarga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengasuh platform Pandemic Talk, Firdza Radiany, Kamil Muhammad dan Mutiara Nissa dalam pesannya yang diterima Mata Indonesia News, Rabu 24 Februari 2021, mengingatkan bahwa isolasi mandiri di rumah berpotensi menyebabkan klaster keluarga dan menghambat pengendalian Pandemi Covid19 tersebut.

Hal itu bisa terjadi jika anggota keluarga yang merawat pasien tersebut meremehkan penularan Covid19, terutama pada pasien yang tidak bergejala atau dengan gejala yang ringan.

“Sering kali penularan terjadi jika pasien atau anggota keluarga yang merawat meremehkan penularan dari pasien tanpa gejala atau dengan gejala ringan,” begitu Firdza dan kawan-kawan.

Kegagalan isolasi mandiri di rumah salah satunya karena keluarga yang kontak erat dengan pasien Covid19 enggan melakukan isolasi mandiri.

Kondisi itu diperburuk dengan keengganan anggota keluarga lainnya melakukan swab karena takut stigma negatif dan dikucilkan masyarakat.

Akhirnya, mereka tetap keluar tanpa protokol kesehatan ketat saat di luar rumah sehingga menjadi sumber penyebaran baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini