Duka Cita Presiden Jokowi Hari Jumat Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Jumat 26 Februari 2021, Presiden Jokowi berduka cita atas wafatnya Bapak Bangsa Papua Nugini (PNG), Michael Somare yang dianggapnya sebagai teman sesungguhnya bagi Indonesia.

“Duka cita yang sedalam-dalamnya kepada pemerintah dan masyarakat PNG. Bapak Bangsa, Sir Michael Somare adalah teman Indonesia sesungguhnya, yang menjadi landasan untuk hubungan bilateral yang terus meningkat. Semoga Tuhan yang Mahabesar memberikan rakyat PNG kekuatan,” ujar Jokowi dalam pernyataan tertulisnya, Jumat 26 Februari 2021.

Sir Michael Somare yang lahir di Rabaul pada 1936 itu meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker pankreas seperti dikonfirmasi keluarganya Jumat pagi.

Almarhum Somare mengawali karir dalam hidupnya sebagai guru di tahun 1960-an, lalu beralih profesi sebagai penyiar radio.

Pada 1967, dia mendirikan Partai Pangu saat menjadi menteri pertama di masa PNG masih dikelola Australia atau Australian administered territory of Papua New Guinea.

Dengan Partai Pangu itulah Somare berhasil membawa negeri itu ke kemerdekaan dari Australia pada 1975. Setelah itu dia menjadi Perdana Menteri pertama PNG selama 17 tahun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini