Duh! Harga Mobil Terendam Banjir Bisa Anjlok hingga 50 Persen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Harga mobil yang dijual karena banjir diperkirakan anjlok hingga 50 persen. Maka dari itu, jangan berharap para penjual akan untung besar. Hal ini disampaikan oleh Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih.

“Contohnya mobil Toyota Avanza yang sudah terkena banjir harganya bisa turun 10 persen hingga 20 persen di bawah harga pasaran,” ujarnya di Jakarta belum lama ini.

Herjanto juga mengatakan, turunnya harga jual mobil yang sudah terkena banjir semakin besar, mengingat pasar mobil bekas yang sedang merosot.

“Misal, harga Avanza 2018 itu sekarang sekitar Rp 150 juta, tapi karena pasar lagi begini harganya bisa turun. Apalagi itu bekas banjir, paling turun lagi sekitar Rp 15 juta sampai Rp 20 juta,” katanya.

Herjanto juga mengungkapkan bahwa penurunan harga mobil bekas banjir sudah menjadi hal lumrah, walaupun sudah dilakukan perbaikan. Karena menurutnya mobil bekas banjir pasti sudah tidak berjalan normal sebagaimana fungsinya.

Begitupun dengan harga mobil bekas jenis premium juga bisa lebih turun. Diprediksi turun harga mencapai 20 hingga 30 persen.

“Jika semakin mewah mobilnya, maka semakin turun harganya,” ujarnya.

Sementara, CEO Perusahaan Jasa Inpeksi Mobil Bekas OtoSpector Jeffry Andika mengatakan, harga mobil bekas karena banjir memang tidak sesuai dengan harga pasar. Kondisi fisik mobil yang ditawarkan calon pembeli dapat mempengaruhi harga.

“Harganya turun. Bisa turun hingga 50 persen, itu juga kalau mobilnya terendam setengah atau seluruh bagian. Ya, soalnya mobil susah balik normal lagi,” katanya.

Jeffry juga mengatakan, mobil kebanjiran bisa normal kembali dilihat dari seberapa tinggi air merendam mobil. Jika Komponen terpenting terendam bisa lebih lama perbaikannya dan memakan biaya yang tidak murah.

Ia juga menyarankan agar tidak membeli mobil bekas banjir, karena pembeli harus siap menanggung resiko kerusakan.

“oleh membeli mobil bekas banjir tetapi harus mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya,” ujarnya. (Fitria)

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini