Dubes: Tak Ada Satu Masjid pun di Arab Adakan Salat Id

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA  – Kerajaan Arab Saudi memberlakukan jam malam dan lockdown total selama Idul Fitri 1441 Hijriyah, sehingga tidak ada satu masjid pun di seluruh Arab Saudi yang menyelenggarakan Salat Id.

“Kalau pun ada dilakukan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi itu pun dengan jamaah yang sangat terbatas,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel melalui akun YouTube BNPB, Selasa 26 Mei 2020.

Menurut Agus tidak ada yang boleh keluar rumah sejak 1 Syawal hingga 4 Syawal 1441 Hijriyah.

Agus mengatakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberlakukan larangan pelaksanaan Shalat Idul Fitri tersebut berdasarkan kaidah yang sangat dikenal oleh kalangan ulama, santri, dan akademisi di Indonesia, yaitu kaidah yang ditulis Jalaluddin as-Suyuti dan Ibnu Nujaim Al Hanafi.

Kedua ulama tersebut menulis dua kitab dengan judul yang sama, yaitu Al-Asybah wa an-Nazhair yang memberikan pertimbangan bahwa sesuatu yang wajib tidak boleh ditinggalkan dengan sesuatu yang wajib pula.

Lock down total itu merupakan dekrit raja yang sangat efektif,  tidak ada seorang pun yang berani melanggarnya.

Agus meyakini pandemi Covid19 akan berakhir sebagaimana sabda Nabi Muhammad yang diriwayatkan Imam Bukhari, yaitu Allah menurunkan penyakit dan pasti juga akan menurunkan obat untuk penyakit tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini