Dubai dan Korsel Jadi Negara Penampung Produk UMKM Pemkab Tangerang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Puluhan produk UMKM/IKM asli Kabupaten Tangerang di ekspor ke luar negeri. Ini merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan Swiss German University (SGU).

Adapun produk UKM dan IKM Tangerang dipamerkan di Dubai dan Busan, Korea Selatan. 

Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan keberhasilan mengekspor produk UMKM Kabupaten Tangerang ke dua pasar luar negeri itu berkat program Inkubator Bisnis dan Teknologi Digital Marketing Center (IBT DMC).

“Inkubator ini membantu pelaku UMKM/IKM menembus pasar skala nasional maupun skala global Internasional. Mereka didampingi dalam mencari pembeli atau pasar, pelatihan digital marketing, pendampingan manajemen dan bisnis, pendampingan pengurusan sertifikat halal, BPOM dan SNI,” ujarnya.

Zaki menjelaskan saat ini sudah terfasilitasi 15 UMKM/IKM memiliki izin BPOM, 50 sertifikasi halal, fasilitasi merek dagang lima UMKM, sampai berhasi membuatkan website bagi 50 UMKM/IKM. Pada program ini pelaku UMKM/IKM juga didampingi dalam menaruh produk di platform online Bintanggemilang.id.

Dalam waktu setahun, sejak program inkunasi dimulai pertengahan 2020, program kolaborasi ini telah sukses mengantarkan produk UMKM Kabupaten Tangerang ke luar negeri.

“Salah satu produk unggulan di Kabupaten Tangerang antara lain produk makanan, merchandise, tas, sepatu, kaos sampai baju,” katanya.

Dia juga berharap program kolaborasi ini tidak berhenti setelah berhasil mengekspor produk UMKM Kabupaten Tangerang di Dubai dan Korea Selatan saja. Tentunya harus ada pasar lain yang menjadi proyeksi dari produk UMKM Tangerang.

“Jangan berhenti di sini, tahun depan semoga lebih banyak dan sempurna lagi produknya, supaya bisa bersaing dan menggaet pasar seluasnya di dunia internasional,” katanya.

Rektor Swiss German University, Filiana Santoso menambahkan dengan berhasil mengekspor artinya produk UMKM/IKM Kabupaten Tangerang berkualitas.

“Langkah produk UMKM Tangerang go export itu semakin nyata dan semakin dekat. Terima kasih teman-teman IKM dan UMKM, produknya luar biasa,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini