Dua Roket Jatuh Dekat Kedubes AS di Baghdad, Ulah Iran?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA - Dua roket tampak jatuh dan meledak di dekat kantor Keduataan Besar AS di Baghdad, ibu kota Irak. Diduga, roket ini ditembakkan dari Iran, namun belum ada konfirmasi pasti mengenai kabar itu.

Mengutip Alarabiya, Selasa 21 Januari 2020, roket itu jatuh masih di kawasan Zona Hijau yang dijaga ketat keamanan.

Bunyi sirene seketika langsung terdengar di seluruh wilayah Zona Hijau sesaat setelah roket tersebut mendarat. Belum diketahui, apakah ada korban akibat roket tersebut.

Usai insiden itu, AS segera menyalahkan Iran, yang dianggap telah melakukan serangan serupa sejak awal Januari, pasca Washington membunuh Komandan Pasukan Al Quds Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Soleimani tewas dalam serangan udara AS di Bandara Internasional Baghdad pada Jumat 3 Januari 2020. Serangan tersebut atas perintah Presiden AS, Donald Trump.

Ia dibunuh saat iring-iringan mobilnya keluar dari bandara setelah terbang dari Damaskus, Suriah. Setelah mendarat di Baghdad, Soleimani disambut petinggi militer Irak, Abu Mahdi Al-Muhandis yang juga tewas dalam serangan tersebut.

Ketegangan AS-Iran meningkat sejak saat itu dan diprediksi akan memicu perang. Sepekan kemudian, Iran melakukan serangan balasan ke dua pangkalan pasukan AS di Irak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini