Dua Pesawat Garuda yang Nyaris Tabrakan, Otoritas Bandara Siap Investigasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Maskapai Garuda Indonesia hampir ketiban sial lagi. Setelah isu Harley dan Brompton, dua pesawatnya nyaris saling adu banteng di taxiway Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis 12 Desember 2019 siang.

Beruntung, dua pesawat tersebut tak sampai saling bertabrakan. Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, Herson pun membenarkan insiden yang disebut taxiway incursion itu. “Kemarin (Kamis 12/12/2019) jam 11.26 WIB,” ujar dia di Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Herson menjelaskan, pesawat yang nyaris adu moncong tersebut milik Garuda Indonesia dengan masing-masing nomor penerbangan GA-649 yang baru datang dari Ternate dan GA-264 yang akan take off. “Tipe pesawat B737NG dan CRJ1000 dan nomor registrasi PK-GMH dan PK-GRR,” kata dia.

Kejadian bermula saat pesawat dengan nomor penerbangan GA-649 dari Ternate tersebut akan mendarat. Kemudian, pesawat itu menerima instruksi dari menara ACT untuk masuk ke jalur NC3.

Namun pilot tidak mendengar instruksi menara ACT dan masuk ke jalur NP2. “Pada saat yang bersamaan, GA-264 (yang akan take off) sudah berada di posisi NP2 sehingga membuat kedua pesawat dalam kondisi berhadapan (head on),” kata dia.

Pada akhirnya GA-649 diseret keluar dari jalur NP2 dan GA-264 melanjutkan untuk take off. “Sebagai tindak lanjut kejadian tersebut, saat ini sedang dilakukan investigasi terhadap kejadian ini,” kata dia.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini