Raja Abdullah dan Presiden Mahmoud Abbas. (Foto: US News and World Report)

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Raja Yordania, Abdullah bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas pada Minggu (29/11). Kedua pemimpin berharap Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden akan menghidupkan kembali dialog damai mengenai solusi konflik Arab-Israel yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Setelah bertemu dengan Presiden Abbas di pelabuhan Laut Merah Aqaba, Raja Abdullah mendukung sepenuhnya negara Palestina. Dalam beberapa bulan terakhir, sang Raja juga mengatakan, kebijakan Israel dan rencana perdamaian Presiden Donald Trump di Timur Tengah akan menyebabkan konflik.

“Yang Mulia menekankan Yordania berdiri dengan semua sumber dayanya bersama warga Palestina dalam mencapai hal sah mereka untuk mendirikan negara merdeka,” kata Raja Abdullah dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters, Senin, 30 November 2020.

Raja Abdullah merupakan pemimpin Arab pertama yang melakukan dialog dengan Biden, sejak memenangkan Pemilihan Presiden AS. Sang Raja berharap untuk bekerja sama dalam “mendukung solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.”

Di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump, AS telah membalikkan beberapa dekade kebijakan mengenai konflik tersebut. Paman Sam menahan diri untuk tidak mendukung solusi dua negara, formula internasional lama yang membayangkan negara Palestina hidup berdampingan dengan Israel.

Dalam komunikasi lainnya, kedua pemimpin di Timur Tengah itu mengatakan Israel berusaha untuk memaksakan realitas baru dengan menganeksasi dan mempercepat pembangunan permukiman di wilayah Palestina yang mereka duduki.

Pemerintahan Trump juga membuat marah Yordania dan negara-negara Arab lain, ketika AS mengatakan permukiman Israel di Tepi Barat tidak melanggar hukum internasional.

Abbas yang tiga tahun lalu memutuskan kontak dengan pemerintahan Trump akan berkunjung ke Kairo guna mencari dukungan bagi kebangkitan pembicaraan damai berdasarkan solusi dua negara, demikian dikatakan seorang diplomat.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here