Donald Trump dan Joe Biden. (Foto: UT News)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tim kampanye Donald Trump dilaporkan telah melayangkan gugatan di sejumlah daerah, yakni: Wisconsin, Georgia, Pennsylvania, dan Michigan. Padahal, proses penghitungan suara pemilihan Presiden Amerika Serikat masih berjalan.

Sang penantang yang merupakan wakil dari Partai Demokrat, Joe Biden diproyeksikan memenangi negara bagian Michigan, sementara media di Negeri Paman Sam memprediksi Biden telah merebut Wisconsin. Sedangkan untuk wilayah Pennsylvania belum ada laporan.

Jika Biden berhasil mengklaim kemenangan di tiga wilayah tersebut, maka dapat dipastikan pria berusia 77 tahun itu akan tampil sebagai pemenang dari pertarungan perebutan kursi Presiden Amerika Serikat.

Mantan Wakil Presiden Barrack Obama itu tak lantas mengklaim dirinya menang, akan tetapi dia meyakini berada di jalur yang tepat untuk menyingkirkan Donald Trump.

Melansir BBC, Kamis, 5 November 2020, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya dalam Pilpres AS kali ini menjadi yang tertinggi dalam 120 tahun terakhir, yakni 66,9%, berdasarkan laporan US Election Project.

Biden berhasil meraih dukungan dari 70,5 juta pemilih, angka terbesar dari yang pernah diraih seorang kandidat presiden sepanjang sejarah Pemilu AS. Sementara Trump berada tipis di belakang Biden dengan jumlah 67,2 juta pemilih –total ini lebih banyak dari yang ia dapatkan di Pilpres 2016.

“Saya di sini tidak untuk menyatakan kemenangan, tetapi saya di sini untuk melaporkan bahwa ketika penghitungan suara berakhir, kami yakin bahwa kamilah pemenangnya,” kata Biden.

Sedangkan di Gedung Putih sana, Trump sudah mendeklarasikan diri, tampil sebagai pemenang meski tanpa membawa sebuah bukti. Ia juga mengatakan akan melayangkan gugatan melalui Mahkamah Agung soal suara lewat pos.

“Sejujurnya kami telah memenangi pemilihan ini. Jelas kami sudah menang di Georgia dan North Carolina. Kami menang di Pennsylvania dengan jumlah yang luar biasa,” kata Trump.

“Ini sungguh memalukan negara kita,” tegas Trump sambil menambahkan rencananya menggugat hasil pemilu di Mahkamah Agung.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here