MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah dua kali mengalami penundaan, timnas Indonesia dan timnas Indonesia U-19 akan memulai pemusatan latihan (TC), Jumat 7 Agustus 2020.

Sebelumnya, timnas senior dan U-19 belum melakukan latihan karena harus mengikuti protokol kesehatan dan menunggu hasil swab test hingga tiga kali terlebih dahulu.

Sejatinya, TC dijadwalkan pada 25 Juli, tapi mengalami penundaan dan diundur menjadi 1 Agustus. Namun, lagi-lagi ada penundaan hingga akhirnya ditentukan latihan digelar pada Jumat 7 Agustus 2020.

Skuat Garuda sudah datang dan menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta sejak Kamis (23/7/2020) lalu. Satu hari sebelumnya pelatih Shin Tae-yong juga sudah mendarat di Jakarta setelah melakukan perjalanan Korea Selatan.

“Saya ingin memastikan seluruh pemain tidak terkena Covid-19 sebelum memulai latihan di lapangan. Kami juga meminta tim medis untuk melakukan second opinion (swab test lagi) ke rumah sakit lainnya,” ujar Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis 6 Agustus 2020.

Pada Kamis 30 Juli lalu, skuat Garuda menjalankan swab test yang ketiga dan diikuti 98 pemain dan ofisial. Saat ini seluruh pemain masih menjalani latihan secara mandiri di Hotel Fairmont, Jakarta yang notabene tempat menginap timnas selama pemusatan latihan.

“Selain itu, ada beberapa pemain dari Eropa yang baru bergabung sama kami (David Maulana, Brylian Aldama, Egy Maulana, Elkan Baggot), tentu harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Kami ingin semua pemain harus steril,” tambah Shin Tae-yong.

Bagi timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, yakni melawan tuan rumah Thailand pada8 Oktober, menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober, dan tandang ke Vietnam 12 November.

Sedangkan timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here