DPR Minta Kemendag Fokus pada Perdagangan Dalam Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wabah COVID-19 atau virus corona yang terjadi di Indonesia dipastikan memberikan dampak berat terhadap perdagangan. Pertumbuhan ekonomi diprediksi hanya sebesar 2,3 persen dalam kondisi yang berat, bahkan menjadi -0,4 persen dalam kondisi sangat berat.

Kondisi itu membuat anggota Komisi VI DPR Mukhtarudin meminta agar Kementerian Perdagangan memfokuskan perdagangan dalam negeri. Tujuannya agar mampu meningkatkan peran dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diyakini akan berkontribusi pada perekonomian dalam kondisi saat ini.

“Saat ini fokus pada perdagangan dalam negeri. khususnya dalam perdagangan pangan, kebutuhan pokok dan barang2 kebutuhan sehari-hari,” kata Mukhtarudin lewat keterangannya diterima di Jakarta, Minggu 5 April 2020.

Politisi Partai Golongan Karya ini menambahkan, upaya tersebut perlu disenergikan dengan kementerian terkait, misalnya dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

“Stimulus ataupun regulasi yang diperlukan agar segera dibuat dan kami DPR akan mendukung. Ini penting diperhatikan agar inflasi bisa dikendalikan,” ujar Mukhtarudin.

Ia menambahkan, untuk saat ini impor sebaiknya sangat selektif dengan memprioritaskan beberapa komoditas. Namun, lanjutnya, tetap perlu disertai pengawasan sehingga tidak hanya menguntungkan perusahaan besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini