Dorong Ketahanan Pangan Lewat Investasi Sektor Pertanian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hasil penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) memperlihatkan bahwa peningkatan investasi di sektor pertanian, terutama melalui penanaman modal asing (PMA), dinilai perlu untuk mendorong perbaikan ketahanan pangan di Indonesia.

“Tantangan untuk menyediakan pangan berkualitas tinggi yang terjangkau membutuhkan komitmen keterbukaan perdagangan dan niat untuk melakukan perubahan kebijakan untuk meningkatkan iklim investasi di sektor pertanian Indonesia,” kata Associate Researcher CIPS Donny Pasaribu dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Posisi Indonesia dalam Indeks Ketahanan Pangan Global 2020 (Global Food Security Index 2020) turun dari posisi 62 ke posisi 65, dari total 113 negara. Indonesia berada di posisi ke-55 pada indikator keterjangkauan, ke-34 pada kategori ketersediaan serta posisi ke-89 pada kategori kualitas dan keamanan jauh tertinggal dari Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Hingga saat ini, realisasi PMA di sektor pertanian hanya 3-7 persen dari total realisasi PMA antara 2015 dan 2019, data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2020 memperlihatkan.

Hingga tahun 2020, peraturan membatasi kepemilikan asing di sektor hortikultura, salah satu sektor yang paling tertutup, hanya sampai 30 persen dan secara tegas membatasi jumlah tenaga kerja asing yang diizinkan dalam sebuah perusahaan milik asing.

Kondisi tersebut berubah dengan implementasi UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan peraturan pelaksanaannya yang menghapuskan batas kepemilikan asing pada sektor ini.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS, 2020), inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pangan Indonesia antara Januari 2010 dan Desember 2019 yaitu sebesar 258 persen.

Angka inflasi pangan di Malaysia dan Singapura pada periode yang sama adalah 38 persen dan 24 persen. Indeks Bulanan Rumah Tangga (Bu RT) yang diterbitkan CIPS memperlihatkan bahwa harga domestik rata-rata untuk ayam, bawang merah dan bawang putih pada November 2020 adalah 34 persen, 138 persen dan 68 persen lebih tinggi daripada di Malaysia.

Ketimpangan harga pangan antara Indonesia dengan Malaysia dan Singapura ini mengindikasikan kesejahteraan konsumen pangan di Indonesia relatif tidak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pembangunan PYCH di Papua Berikan Stimulus Bagi Kemajuan Para Pemuda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) menginisiasi pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH), yang mana dalam perjalannya sampai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini