MINEWS, INTERNASIONAL – Beberapa jam sebelum kedatangan Donald Trump, Sabtu 25 Mei 2019, Jepang langsung dihantam bencana gempa bumi berkekuatan sedang di wilayah timur.

Bahkan, gempa tersebut sampai membuat gedung-gedung di Tokyo berguncang. Dari laporan Channel News Asia, episentrum gempa berada di selatan Chiba, sekitar 60 km tenggara ibu kota.

Gawatnya, lokasi tersebut adalah tempat rencananya Donald Trump akan menghabiskan waktu sekejap untuk bermain golf pada Minggu 26 Mei 2019 dengan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Meski diguncang gempa, Jepang tidak mengeluarkan peringatan tsunami. Tidak ada juga laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa berkekuatan 5,0 SR tersebut.

Gempa disebut mengguncang pada pukul 08.48 pagi waktu setempat, pada kedalaman dangkal, yakni 24 kilometer di bawah permukaan tanah.

Akibat titik dangkal tersebut, getaran terasa kuat di beberapa lokasi di seputaran pusat gempa di lepas pantai Miyazaki, sebuah kota di barat daya pulau Kyushu.

Sementara itu, menurut Kyushu Electric Power, tidak ada kerusakan yang dilaporkan pada pembangkit listrik tenaga nuklir Sendai di prefektur Kagoshima, yang terletak tidak jauh dari pusat gempa.