Dituduh Teroris, Iran Siap Balas AS

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Iran berencana melancarkan balasan atas sikap AS yang menuduh dan berencana memasukkan Garda Revolusi negara Mullah itu sebagai organisasi teroris Timur Tengah.

Sebanyak 255 dari 290 anggota parlemen Iran menyatakan sikap AS iti sebagai tindakan konyol. Iran bahkan menyebut AS akan menyesali perbuatannya karena telah melayangkan tuduhan ngawur.

“Kami akan jawab apapun tindakan yang dilakukan pihak luar terhadap pasukan kami dengan aksi balasan,” ujar rilis dari Parlemen Iran, Minggu 7 April 2019.

Kabar tentang rencana AS mencantumkan Garda Revolusi Iran ke dalam daftar teroris telah berembus selama beberapa tahun terakhir. Pada 2017, AS sempat diprediksi akan merealisasikan rencananya.

Menurut Komandan Garda Revolusi Iran Mohammad Ali, pihaknya sempat mengancam Presiden AS Donald Trump jika benar-benar nekat mencantumkan nama satuan khusus itu dalam daftar teroris.

Bahkan, Ali berencana merilis deklarasi bahwa AS adalah bagian dari ISIS.

Garda Revolusi merupakan organisasi keamanan paling kuat di Iran. Organisasi ini dibentuk pasca-Revolusi Iran pada 1979 untuk melindungi sistem pemerintahan ulama.

Sejak terbentuknya, Garda Revolusi mengendalikan sektor besar ekonomi Iran dan memiliki pengaruh besar dalam sistem politik Iran.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini