Para petani menemukan patung wanita kuno yang memiliki hiasan kepala yang terlihat seperti hiasan kepala
Para petani menemukan patung wanita kuno yang memiliki hiasan kepala yang terlihat seperti hiasan kepala "Star Wars" mantan murid Jedi Ahsoka Tano (kanan). Foto/@Maria Eugenia Maldonado Vite

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aneh. Pada awal tahun 2021 tepatnya 1 Januari 2021, di Meksiko telah ditemukannya patung misterius seorang perempuan yang memakai hiasan kepala seperti tokoh Ahsoka Tano pada film Star Wars.

Dari laporan National Institute of Anthropology and History (INAH), patung misterius yang ditemukan oleh seorang petani dipastikan sudah mencapai usia 500 tahun yang mempunyai ‘peran penting’ di masanya.

“Patung tersebut berkemungkinan ialah seorang penguasa karena postur dan pakaiannya,” ujar Maria Eugenia Maldonado Vite selaku arkeolog INAH yang dikutip dari Live Science.

Patung bermaterial batu kapur memiliki tinggi dua meter menggambarkan seorang perempuan dengan pakaian dan banyak perhiasan. Liontin yang melingkar di leher, anting rumbai panjang, serta hiasan kepala yang percis menyerupai tokoh Ahsoka Tano, tokoh Jedi dalam film Star Wars.

Ashoka Tano, sosok fiktif dalam serial Star Wars
Ashoka Tano, sosok fiktif dalam serial Star Wars

Patung itu kemungkinan besar menggambarkan seorang perempuan elite.

Para petani lokal menemukan patung itu di ladang jeruk di Kota Hidalgo Amajac, tepatnya di negara bagian Veracruz, Meksiko.

Patung itu kemungkinan besar berasal dari periode akhir Pascaklasik (1450-1521) dan memiliki ciri-ciri yang mengingatkan pada budaya Huastec.

Memiliki ketebalan sekitar 25 sentimeter, bagian bawah patung memiliki “spike” yang memungkinkan patung tersebut dapat diberdirikan di atas tanah dengan tegak.

Ekspresi patung itu tampak terkejut, dengan mata dan mulutnya terbuka lebar. Menurut Maldonado Vite, mata tersebut diisi dengan lapisan obsidian atau batu lain.

Sementara ukiran pada tubuh patung menunjukkan bahwa perempuan itu mengenakan kemeja lengan panjang dan rok panjang, tapi bertelanjang kaki.

Lokasi patung yang ditemukan di antara situs arkeologi Aztec Tochpan dan Huastec Castillo de Teayo menunjukkan bahwa patung tersebut berakar pada kedua budaya.

Hingga saat ini, situs itu tidak diketahui oleh para arkeolog. Namun selama kunjungannya, Maldonado Vite melihat struktur kecil di dekatnya yang mungkin merupakan bangunan tempat tinggal pra-Columbus.

Para arkeolog berencana untuk mempelajari patung itu lebih lanjut serta ladang tempat ditemukannya patung kuno misterius. 

Reporter : Irania Zulia

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here