Ditemukan Danau Terbesar di Bulan Saturnus, Bukti Ada Kehidupan Selain di Bumi?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Badan Antariksa AS, NASA dalam misinya menemukan bahwa satelit alami Planet Saturnus bernama Titan ternyata memiliki danau besar di permukaannya dengan kedalaman lebih dari 1.000 kaki atau 304 meter.

Danau yang disebut Kraken Mare ini sangat dalam sehingga kedalaman pastinya tidak dapat diukur. Tujuh tahun lalu, diyakini bahwa kedalaman danau ekstraterestrial itu adalah setidaknya 115 kaki.

Salah satu peneliti di Cornell Center for Astrophysics and Planetary Science (CCAPS), Valerio Poggiali mengatakan Danau Kraken Mare, tidak hanya memiliki nama besar, tetapi juga mengandung sekitar 80 persen cairan permukaannya.

Akibat penemuan misterius di Titan tersebut, para peneliti yakin bahwa mereka dapat mengirim kapal selam robotik ke danau Kraken Mare, hal itu dilakukan untuk mengetahui kedalaman danau yang sebenarnya.

Nantinya kedalaman dihitung menggunakan waktu yang dibutuhkan sinyal radar untuk memantul kembali dari permukaan cairan badan air dan dasarnya. Perbedaan antara keduanya dihitung dengan memperhatikan faktor-faktor seperti komposisi cairan danau karena menyerap energi dari sinyal.

Selain itu, para ilmuwan dikejutkan oleh komposisi danau yang sebelumnya diyakini sebagian besar adalah etana, mengingat ukuran dan lokasi danau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini