Disinggung Ketua DPR RI, Ini Daftar Pemimpin Nonmuslim yang Pernah ke Istiqlal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani ingin Masjid Istiqlal ramah terhadap segala kalangan baik muslim maupun nonmuslim. Namun ternyata sejak dahulu Masjid Istiqlal sudah menerima pengunjung nonmuslim dan beberapa merupakan tokoh dunia.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menegaskan bahwa Istiqlal sudah menjadi tempat wisata mancanegara sekaligus ruang studi untuk turis nonmuslim dalam mempelajari sejarah dan arsitektur masjid.

“Sebenarnya itu sudah terlaksana sejak saya menjadi imam besar 2016. Sebelum pandemi , itu ada 300 turis datang dalam sehari. Kami mencontoh Masjid Nabawi, kan seperti itu juga,” kata Nasaruddin.

Ini daftar tokoh dunia nonmuslim yang pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal:

  1. Bill Clinton

Presiden AS Bill Clinton pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal pada 1994. Clinton saat itu menghadiri pertemuan pemimpin APEC pada 13-16 November 1994 di Bogor.

  1. Pangeran Charles

Pangeran Charles juga pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal pada 2008. Saat itu Charles masuk ke masjid dengan melepas sepatu dan hanya menggunakan kaos kaki warna hitam.

  1. Barack Obama

Presiden AS Barack Obama pernah mengunjungi Masjid Istiqlal bersama dengan istrinya pada 10 November 2010. Saat itu Obama juga sempat berbincang dengan Imam Besar Masjid Istiqlal saat itu, Ali Mustafa Yaqub.

  1. Heinz Fischer

Presiden Austria juga pernah mengunjungi masjid Istiqlal pada hari yang sama dengan kedatangan Presiden Barack Obama.

  1. Narendra Modi

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi juga mengunjungi Masjid Istiqlal. Presiden Joko Widodo langsung menemai Modi saat itu. Mereka tiba di lokasi pada Rabu 30 Mei 2018.

Momentum ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan Modi tentang sejarah beduk dan cara penggunaannya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini