Dirut Bio Farma Optimis Vaksin Sinovac Berhasil untuk Orang Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dirut Bio Farma, Honesti Basyir sangat optimis uji klinis vaksin Covid19 dari Sinovac di Indonesia berhasil dengan baik.

“Kami sangat optimis karena dalam prosesnya uji klinis itu dilakukan lembaga-lembaga reputable. Jadi kami sangat optimis, uji klinis ini akan berjalan lancar,” ujar Honesti dalam pernyataannya yang dikutip Kamis 22 Oktober 2020.

Menurutnya, hingga kini tidak ada seorang pun dari 1.620 relawan yang mengalami kondisi mengkhawatirkan setelah mendapat suntikan vaksin, bahkan dua kali disuntik.

Apalagi, uji klinis tahap 3, menurut Honesti hanya merupakan rekonfirmasi terhadap uji klinis tahap 1 dan tahap 2.

Tingkat keamanan dan efektifitas sudah dilakukan pada dua uji klinis sebelumnya di Cina sehingga uji klinis sekarang hanya untuk memastikan vaksin itu benar-benar aman untuk orang banyak.

Selain itu, bisa diketahui pula efektifitas vaksin tersebut terhadap strain virus corona penyebab Covid19 yang berbeda-beda.

Seperti diketahui, Indonesia adalah satu dari lima negara yang Brasil, Bangladesh, Turki dan Chilli. Honesti menegaskan uji klinis itu dilakukan badan-badan yang reputasinya di bidang vaksin tidak diragukan lagi seperti Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran karena sudah 30 kali melakukan uji klinis pembuatan vaksin.

Honesti mengungkapkan harga vaksin Sinovac di Indonesia akan dihitung seluruh komponennya untuk ditemukan kewajarannya sehingga bisa dijangkau masyarakat luas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini