(Foto: Dok. Kementerian PUPR)

MINEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengunggah sebuah video di akun Instagramnya. Dalam video terlihat penampakan Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura yang tengah dalam tahap penyelesaian konstruksi.

Dalam keterangan video, Jokowi bercerita sekilas tentang Jembatan Holtekamp. Diungkapkan Jokowi, jembatan ini membentang 732 meter di atas perairan Teluk Youtefa. Nantinya, Holtekamp diharapkan jadi ikon baru Papua.

“Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura, membentang 732 meter di atas perairan Teluk Youtefa. Jembatan ini nantinya akan menjadi ikon baru Papua.

Jembatan Holtekamp tidak saja mempercepat waktu tempuh dari Jayapura ke Muara Tami dan perbatasan Skouw, tapi juga menjadi penanda kemajuan pembangunan di Papua, provinsi paling timur Indonesia,” tulis Jokowi, dikutip Selasa, 2 April 2019.

Untuk diketahui, Jembatan Holtekamp sendiri bakal diresmikan pada Juli 2019 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Keberadaan Jembatan Holtekamp diharapkan mampu meningkatkan konektivitas dari Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami dan PLBN Skouw. Jembatan ini juga dibangun sebagai solusi permasalahan kepadatan penduduk di Jayapura.

Menjadi jembatan yang begitu dibanggakan Jokowi, Holtekamp akan memperpendek jarak dan waktu tempuh dari Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, dari yang semula 2,5 jam menjadi 1 jam saja.