Diperketat, Kini Masuk ke Masjidil Haram Harus Lewat Gerbang Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Penjagaan terus ditingkatkan oleh pemerintah Arab Saudi di Masjidil Haram, Makkah untuk mencegah virus corona meluas. Kali ini, mereka memasang gerbang sterilisasi canggih di pintu masuk Masjidil Haram.

Seperti dilaporkan Saudi Press Agency, SPA, Kamis 7 Mei 2020, selain di Masjidil Haram, gerbang ini juga akan dipasang di Masjid Nabawi di kota Madinah.

Gerbang ini dilengkapi dengan teknologi canggih berupa kamera thermal yang bisa memindai panas jemaah dari jarak 6 meter. Hasilnya terpampang di layar cerdas yang mampu membaca suhu tubuh beberapa orang sekaligus.

Jemaah tinggal masuk ke dalam gerbang ini. Dia kemudian akan disterilisasi dengan spray sanitizer dari kepala hingga kaki. Dari gambar yang ditunjukkan SPA, cairan spray-nya hampir tidak terlihat dan tak membuat basah pakaian.

Gerbang sterilisasi ini dipasang untuk mencegah penyebaran virus corona yang telah menjangkiti lebih dari 33 ribu orang dan menewaskan 219 orang di Arab Saudi.

Sepekan sebelumnya, Saudi telah memasang kamera thermal canggih di pintu-pintu masuk Dua Masjid Suci. Kamera ini mampu memindai panas 25 orang sekaligus.

Sampai saat ini Masjidil Haram dan Masjid Nabawi masih belum dibuka untuk umum. Sementara sterilisasi setiap sudutnya dilakukan setiap hari. Warga kota Makkah sendiri masih dalam larangan keluar rumah selama 24 jam kecuali untuk tujuan yang penting.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini