radi dan dela
Radi dan Dela. (carubanid)

MINEWS.ID, CARUBAN – Jodoh, hidup dan mati memang rahasia Allah SWT, seperti peristiwa yang sedang mengguncang Caruban, Madiun. Seorang perempuan muda berusia 28 tahun bernama Reda Vadela rela dinikahi lelaki bernama Radi yang usianya 42 tahun lebih tua karena ingin beribadah kepada Allah SWT.

Si perempuan yang panggilan akrabnya Della resmi menjadi istri Radi setelah disahkan Kantor Urusan Agama Kecamatan Menjayan, Caruban, Kabupaten Madiun, Rabu 27 November 2019.

Seperti diungkap akun Facebook, Berita Caruban Madiun, Dela mengaku lega bisa menikah dan menjadi istri Radi.

“Aku mau (dinikahi Radi — Red) bukan karena mencari harta, tulus ingin membuat suamiku bahagia,” kata Dela seperti dikutip Jumat 29 November 2019.

Hal lain yang tidak terduga keluar dari mulut Dela adalah kerelaannya dinikah dengan Radi karena memang benar-benar ingin ibadah.

Ya, karena Radi bukan lelaki kaya. Dia hanya petani penggarap di lahan Perhutani dan sehari-harinya menanam jagung.

Lebih dari itu, Radi tidak memiliki tempat tinggal sendiri. Dia selama ini tidur di Kantor Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan. Ada sebuah bilik kecil yang boleh ditinggali Radi dan tentu saja Dela setelah menjadi istrinya.

Pertemuan mereka juga bukan karena dijodohkan atau dipaksa pihak ketiga. Dela dan Radi sempat bertemu tiga bulan lalu.

Saat itu, Radi sedang istirahat menggarap lahan pertaniannya seorang diri di kawasan hutan PT Perhutani dalam keadaan haus tetapi tidak memiliki persediaan air.

Beruntung Dela memasuki lahan tersebut dan membawa air. Dia memberikannya sebagian kepada Radi saat diminta. Momen itulah yang tidak bisa dilupakan Radi yang kemudian menjalin hubungan cinta selama dua bulan dengan Dela hingga akhirnya mereka resmi menikah meski dengan mas kawin uang Rp 50 ribu.

Radi mengaku sudah mendapat izin dari dua anak dan dua cucunya untuk menikahi Dela yang seorang janda dengan seorang bayi dari suami pertamanya.

Hal yang lebih mengagetkan lagi, Dela sebenarnya bukan perempuan kedua yang dinikahi Radi. Dia adalah perempuan kesembilan yang mengisi hari lelaki tua itu.

Delapan istri Radi sebelumnya semua sudah meninggal dunia. Dia hanya dikaruniai anak dari istri pertama dan kedua.

Dari sembilan istri itu, hanya empat perempuan yang dinyatakan sebagai istri sah Radi termasuk Dela. Lainnya, diakui hanya kumpul kebo dan nikah siri.

Kenyataan itu juga tidak menyurutkan hati Dela untuk mengabdi kepada Radi yang hanya seorang petani miskin.

Kisah Radi dan Dela terang saja langsung menyedot perhatian netizen. Pada umumnya mereka kagum dengan kebulatan hati Dela menikahi Radi seperti komentar admin Facebook: Berita Caruban Madiun.

“Ngene iki lo dulur nek golek bojo contonen mbak della udu kerono bondho nanging kerono ibadah marang gusti Allah.

MasyaAllah mugo mugo Radi lan Dela dadi pasangan Sakinah Mawadah Warohmah.. Langgeng, Sehat, rejeki lancar Awet tekan mau memisahkan..

Mugo-mugo sing durung rabi dhang ketemu jodone iso nyonto Pak Radi Sobo alas garap mbaon sopo ngerti jodomu enek neng kono lur… .”

Begini lo saudara semua kalau mencari istri, contohlah Mbak Della bukan karena harta tetapi karena ibadah kepada Allah SWT.

Masya Allah mudah-mudahan Radi dan Dela jadi pasangan sakinah mawadah warohmah, langgeng, sehat, rejeki lancar awat sampai maut memisahkan.

Semoga yang belum nikah cepat ketemu jodoh bisa meniru Pak Radi masuk hutan menggarap lahan malah ketemu jodoh.